Rabu, 11 September 2013

Belajar OOP


Pengenalan OOP


OOP ("Object Oriented Programming")

Suatu bentuk pemrograman yang mendukung Encapsulation, Inheritance, dan Polymorphyms.

Suatu kelas bahasa pemrograman dan teknik yang didasarkan pada suatu objek, dimana struktur data terenkapsulasi dengan rutin yang mengoperasikan data tersebut.

Dasar OOP


Objek, merupakan suatu software objek yang memiliki State dan Behaviour yang digunakan untuk memodelkan objek pada dunia nyata (didalam proses pemodelan tersebut dilakukan abstraksi terhadap objek nyata kedalam bentuk yang lebih sederhana).


 Mana yang lebih jelas antara peta jalan atau peta satelit.

                                 

Proses dari abtraksi.
Class, merupakan blue print atau prototype dari objek-objek


 Suatu class merupakan blueprint dari objek-objek.

Inheritance, menyediakan suatu mekanisme alamiah untuk mengorganisasikan software anda. Class dapat mewarisi state dan behaviour dari superclass-nya.

Contoh :

class Segitiga {
 protected int alas;
 protected int tinggi;

 void setAlas(int newValue) {
      alas = newValue;
      }

 void setTinggi(int newValue) {
      tinggi = newValue;
      }

 double getLuas() {
      return 0.5*alas*tinggi;
      }
}
Simpanlah program diatas ke file Segitiga.java

Definisikan mana yang merupakan State, dan mana yang merupakan Behaviour dari class Segitiga diatas !


class hitungSegitiga {

 public static void main(String[] args) {
    Segitiga s = new Segitiga();
    s.setAlas(5);
    s.setTinggi(5);
    System.out.println("Luas adalah :"+s.getLuas());
 }

}

Setiap aplikasi Java harus memiliki suatu metoda main yang merupakan titik awal eksekusi dengan signature sebagai berikut :
public static void main(String[] args)

Simpanlah program diatas ke file hitungSegitiga.java

Proses Kompilasi :

Javac hitungSegitiga.java

Proses Run :

Java hitungSegitiga

Pembacaan input dari console :

  1. Tambahkan

import java.io.*;

pada awal program

  1. Deklarasi variable

BufferedReader br = new BufferedReader(new  InputStreamReader(System.in));
int temp;
System.out.print(“Panjang alas :”);
try {
     temp = Integer.parseInt(br.readLine());
     s.setAlas(temp);
} catch (IOException e) {}


Contoh :

import java.io.*;

class hitungSegitiga {

 public static void main(String[] args) {
    Segitiga s = new Segitiga();

    BufferedReader br = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

    int temp;

    System.out.print("Panjang alas :");
    try {
      temp = Integer.parseInt(br.readLine());
      s.setAlas(temp);
    } catch (IOException e) {}

    System.out.print("Tinggi :");
    try {
      temp = Integer.parseInt(br.readLine());
      s.setTinggi(temp);
    } catch (IOException e) {}

    System.out.println("Luas adalah :"+s.getLuas());
 }

}

Pemberian komentar

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar